Tuesday, 31 July 2018

5 Kesalahan Yang Membuat Anda Jatuh Miskin Dalam Cryptocurrency


KEBUTUHAN adalah salah satu faktor yang mendorong kita menuju bisnis yang menghasilkan laba yang tidak realistis. Jika keserakahan adalah faktor yang mendorong insting Anda, Anda hampir pasti mengalami kesialan bahkan sebelum Anda memulainya. Dengan cryptocurrency, Anda harus berhati-hati dengan penipuan dan pencurian apa pun. dan biasanya banyak orang yang terjebak dalam kerugian di dunia cryptocurrency dari berbagai sebab.

berikut 5 Kesalahan Yang Membuat Anda Miskin Dalam Cryptocurrency

1. Tidak Menyimpan Kunci Cadangan
Private key adalah sebuah kode rahasia yang membuat penggunanya dapat membuktikan bahwa ialah pemilik Bitcoin yang ada di dompet tersebut. Setiap alamat Bitcoin memiliki private key-nya sendiri, yang disimpan di dalam file dompet yang dimiliki oleh orang yang memiliki saldo Bitcoin tersebut. Private key itu terhubung secara matematik kepada alamat Bitcoin yang bersangkutan, dan didesain sedemikian rupa sehingga alamat Bitcoin bisa dikalkulasikan dari private key tersebut, namun yang paling penting adalah, hal yang sebaliknya tidak berlaku. Private key tidak bisa dikalkulasikan dari alamat Bitcoin. Harap simpan baik-baik private key Anda dan lakukan back-up secara reguler agar Bitcoin Anda selalu aman. karena kehilangan private key berarti kehilangan seluruh asset anda.

2. Terjebak Di Situs Phishing
Sangat di sarankan buat para cryptocoiners agar mampu menghindari terkena phising atau jenis lain nya yang biasa kita kenal dengan nama "hack".. saat ini memang sangat banyak yang terkena hack phising mengingat harga bitcoin yang semakin tinggi.. hal ini dapat kita hindari dengan tidak melakukan aktivitas apapun disaat kita menerima email dari sumber tidak jelas yang mengatas nama MyEtherwallet.. dan jangan pernah mendaftar sesuatu dengan menggunakan privatekey atau password yang kita miliki.

3. Beli Koin/Berinvestasi Dengan Rumor:
Ada banyak proyek ICO yang meningkat saat ini sehingga jenis umum dari kesalahan investor adalah mereka bergabung dengan mudah ke dalam proyek tersebut tanpa jaminan. Itulah mengapa sebaliknya mereka akan mendapatkan kerugian lebih banyak uang. Resiko ini menjadi nomor wahid yang harus diwaspadai oleh para Investor, dimana banyak pihak developer yang bertujuan “Menipu” atau Scamming terhadap investornya, dengan menyodorkan sebuah Whitepaper yang tidak masuk akal. Artinya, Whitepaper yang berisi seluruh detail tentang ICO terlalu muluk-muluk dan tidak masuk akal. Misalnya saja, proyeknya dibilang terlalu sempurna tanpa cacat sedikitpun, atau waktu pengembalian modal yang sangat singkat, dan juga andil saham / Token yang terlalu besar. Jika ada beberapa pihak yang memiliki Koin terlalu banyak, tentunya dia akan mampu memonopoli nilai dari suatu token ICO, sehingga terlalu beresiko bagi investor ritel.

4. Keserakahan
Keserakahan juga turut berkontribusi dalam menghancurkan sistem keuangan Anda. Keserakahan (greed) dan ketakutan (fear) adalah faktor psikologi trading saham yang berperan besar. Kedua emosi ini adalah kekuatan pendorong di belakang hampir semua pelaku pasar – manajer investasi, pialang / broker saham, investor, trader dan diri Anda sendiri. Anda mungkin mengatakan kepada diri sendiri bahwa keserakahan dan ketakutan tidak akan pernah menghalangi trading saham saya, tetapi percaya atau tidak aspek psikologi trading saham ini akan mempengaruhi perdagangan saham Anda. Ini bukan sesuatu yang harus dipermalukan. Itu adalah sesuatu yang Anda harus akui, hadapi dengan baik, Jika Anda ingin menjadi trader saham yang sukses atau investor sukses.

5. Membuat kata sandi yang lemah
Pada asumsi ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya membutuhkan password yang kuat ? Faktanya adalah meskipun mayoritas website sudah aman, namun selalu ada kemungkinan orang lain berniat jahat mencoba untuk mengakses atau mencuri informasi-informasi Anda. Tindakan seperti ini umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun trading dan informasi pribadi Anda dari hacker.

Dengan cryptocurrency, tidak ada bank atau institusi atau peraturan lain yang akan melindungi Anda jika terjadi kerugian. Inilah faktor kelemahan cryptocurrency yang harus anda pahami sebelum menikmati potensinya yang besar dalam dunia ekonomi.

source: 
https://www.portalinvestasi.com/psikologi-trading-saham/
http://apaitubitcoin.com/manfaat-dan-resiko-ico/
https://edu.gcfglobal.org/en/keamanan-internet/membuat-kata-sandi-password-yang-kuat/1/