Wednesday, 1 August 2018

Apakah sudah terlambat untuk berinvestasi dalam bitcoin bagi pemula?


Anda bukan satu-satunya yang merasakan hal hal semacam ini. Sebagai seseorang yang masuk ke cryptocurrency beberapa tahun yang lalu saya merasakan hal yang sama, saya pikir Anda seharusnya tidak berlarut larut dan menghabiskan waktu Anda hanya untuk menyesali peluang yang Anda lewatkan. Tetapi anda harus sesegera mungkin membuat langkah pertama Anda dan belajar sedikit demi sedikit.

Lalu apa yang harus anda lakukan?

Pantau terus, baca lebih banyak tentang berbagai cryptocurrency dan coba ikuti berita terbaru. Ketahui di mana posisi Anda berada. Cobalah memahami bagaimana pasar ini bekerja dan teknologi utama di belakangnya. Pahami Blockchain cukup dalam Dua Menit saja terlebih dahulu.

Sama sekali belum terlambat karena ada banyak orang yang menggunakan bitcoin yang ingin juga berinvestasi tetapi mereka memiliki pertanyaan di benak mereka apakah sudah terlambat. Selama bitcoin tidak berhenti maka investasi tidak akan pernah berhenti juga. Selama ada pengguna maka ada bitcoin dan jika ada bitcoin akan selalu ada investasi.

Pasar cryptocurrency hanya dalam masa pertumbuhan. Saya sendiri percaya potensi pasar cryptocurrency sangat besar dan peluang akan dibagi sama kepada semua orang yang benar-benar tertarik dan memiliki kepercayaan di pasar.

Selama orang memahami risikonya, maka pasti mereka juga tahu bagaimana menangani harga pembelian pertama mereka. Justru hanya akan menambah kebingungan saja jika setiap pemula harus menunggu terlalu banyak target harga paling rendah hanya untuk membeli bitcoin, sama konsepnya saat diterapkan pada posisi menjual. Membaca spekulasi pasar dapat sedikit membantu tetapi tidak bisa menganalisanya dalam jangka panjang, kebingungan dan keraguan akan menguasai pikiran seperti ini. Dan siapa yang tahu bahwa pada proses kita menganalisa, tren justru mulai naik.

Bitcoin adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima uang. Transaksi dapat diselesaikan terlepas dari di mana pihak-pihak yang terlibat berada, dan itu dilakukan hampir seketika. Ketika Anda membayar cek dari bank lain ke bank Anda, bank akan sering menahan uang itu selama beberapa hari, karena tidak dapat diyakini sebenarnya bahwa dana benar-benar tersedia. Demikian pula, wire transfer internasional dapat memakan waktu yang relatif lama. Berbeda dengan transaksi Bitcoin, bagaimanapun, umumnya jauh lebih cepat.

Perdagangan Bitcoin itu sangat sederhana. Membelinya hanya membutuhkan kredit atau debit atau Paypal atau rekening bank. Sesederhana itu. Ini adalah bagaimana cara memfasilitasi melalui platform yang memungkinkan kita untuk dengan mudah membeli dan menjual Bitcoin seperti Blockchain, Indonesia crypto exchange market, dll. Mentransfer Bitcoin ini ke pengguna lain juga mudah. Tetapi perawatan atau fee harus diberikan selama transfer tersebut.

SHA256 adalah algoritma bitcoin tipe khusus dari fungsi matematika yang sangat mudah untuk dipecahkan dalam satu arah tetapi sangat sulit untuk dipecahkan secara terbalik. Setidaknya satu-satunya cara yang diketahui untuk menyelesaikan SHA256 adalah secara terbalik namun sangat sulit. Hampir dipastikan mustahil untuk melakukan peretasan di jaringan bitcoin karena sumber daya komputasi yang diperlukan untuk melakukannya pun harus sangat besar.

Setiap hari selalu ada orang baru yang datang di dunia crypto digital, dan sepertinya ini akan terus berlanjut di masa depan yang berarti bahwa bitcoin masih belum mencapai puncak tertingginya, sehingga hal wajar juga mengharapkan lebih banyak koin berharga di masa depan. Lagipula harga keseluruhan cryptocurrency masih cukup murah dibanding tahun lalu, tetapi bitcoin terus dan tak berhenti mengalami pertumbuhan.

Tahun 2014 saya mengenal bitcoin ini harganya masih 200 an dollar atau sekira 2.5 juta rupiah dan jika saya pikir itu harganya mahal maka jika dibandingkan harga sekarang yang lebih dari 100 juta rupiah per bitcoin, 2.5 juta adalah harga yang sangat murah. Saya sempat memutuskan berhenti karena harga nya terus turun hampir menuju 100 dollar di tahun 2015, tapi siapa sangka di tahun 2016 harganya melonjak 2x lipat dan terus meroket hingga 250 juta rupiah di akhir tahun2017.

Prediksi yang dibuat oleh Jeremy Liew dan Peter Smith (investor pertama di Snapchat dan co-founder dan CEO Blockchain) menyatakan bahwa jaringan Bitcoin akan tumbuh 61 kali lipat dari sekarang hingga 2030 (sekitar 400 juta pengguna total). Dengan peningkatan besar dalam transfer uang elektronik, yang hampir dua kali lipat di seluruh dunia selama 15 tahun terakhir. Ini adalah pasar besar dan berkembang untuk Bitcoin. Keduanya mengharapkan katalis utama untuk pertumbuhan akan menjadi kesadaran Bitcoin yang lebih besar, seiring dengan pertumbuhan pasar secara keseluruhan.

Article ini dibuat berdasarkan pandangan pribadi, terkait investasi alangkah baiknya melakukan analisa terlebih dahulu. Setiap jenis investasi pasti memiliki resiko besar dan kecil, dan penulis tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian yang ditimbulkan.

source: 
https://managingyourfinance.com/is-it-too-late-to-invest-in-bitcoin-2017-can-i-make-money-with-bitcoin
https://bitcointalk.org/index.php?board=1.0